Minggu, 03 Oktober 2010

INFO BEM

MASTAMA : MASA TA’ARUF MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UMJ

“ Ajang Silaturahim Dan Adaptasi Mahasiswa Baru “

Masa taaruf mahasiswa yang biasanya di singkat dengan MASTAMA adalah ajang kegiatan perkenalan akademik kampus di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kegiatan tersebut yang selalu terlaksana rutin di tahun ajaran baru, dan menjadi rutinitas kampus untuk sebuah kegiatan perkenalan. Biasanya kegiatan MASTAMA hanya di kenal di perguruan tinggi muhammadiyah ( PTM ) yang mungkin di kamus umum di kenal sebagai kegiatan ospek.

Pelaksana dari kegiatan MASTAMA tersebut adalah pihak universitas yang di bantu oleh lembaga – lembaga yang ada di internal kampus seperti : Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) , Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan eksternal kampus seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Di sini universitas berperan sebagai pengawas pelaksanaan yang di bantu oleh fakultas – fakultas yang di bawahinya.

Seperti biasanya kegiatan masa ta’aruf mahasiswa di lakukaan selama 4 hari sebelum kegiatan perkuliahan di laksanakan. Hari pertama adalah Mastama BEM pusat, hari kedua UKM, ketiga dan ke empat dari IMM, dan yang ke lima dari BEM fakultas. Selama empat hari, calon mahasiswa baru di perkenalkan semua apa saja yang ada di kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Di fakultas agama islam Universitas Muhammadiyah Jakarta , mastama di hadiri sekitar 120 peserta calon mahasiswa baru. Kegiatan itu berlangsung dari pukul 06.00 sampai dengan 18.30 wib. Materi yang di sampaikan dalam acara mastama fakultas agama islam antara lain : Pengenalan Akademik Kampus , pengenalan lembaga internal mahasiswa fakultas agama islam, serta di tutup dengan materi training motivasi yang di sampaikan oleh salah satu alumni dari fakultas agama islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dengan di tampilkan beberapa hiburan seperti nasyid dan marawis suasana kegiatan mastama menjadi lebih meriah.

Menurut ketua bem fai harisma assadullah , kegiatan mastama untuk tahun ini berjalan lebih baik dari tahun yang lalu dan kekurangan dalam pelaksanaannya bisa menjadi bahan evaluasi di kegiatan mastama tahun depan. Harapan dari mastama ini adalah selain sebagai ajang pengenalan, juga menjadi sarana motivasi calon mahasiswa baru untuk bisa berperan aktif bukan hanya pada akademik kampus tetapi juga aktif di lembaga – lembaga internal dan eksternal kampus universitas muhammadiyah jakarta. (ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar